ligaidn

MENGAPA LIONEL MESSI HANYA PERINGKAT LIMA BALLON D’OR

Bola206 - Manajer Barcelona Ernesto Valverde menganggap ajang Ballon d’Or tahun ini paling aneh setelah Lionel Messi hanya masuk di peringkat kelima saat pengumuman penghargaan tersebut.

Lionel Messi berada di peringkat tiga teratas penghargaan bergengsi ini sejak 2007 dan telah memenangkannya sebanyak lima kali. Tapi tahun ini, ia berada di peringkat kelima dan Luka Modric dipilih menjadi pemain terbaik untuk tahun 2018.

Messi bahkan berada di bawah striker Prancis Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann sedangkan bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo berada di posisi kedua.

Ernesto Valverde sang manajer Barcelona menjadi terganggu oleh tidak konsistennya France Football sebagai penyelenggara Ballon d’Or dalam memilih para pemenang.

“Kami mengucapkan selamat kepada Modric karena memenangkan Ballon d’Or tetapi Messi berada di posisi kelima ini tidak masuk akal,” kata Valverde.

Pemain tengah Real Madrid Luka Modric memenangkan trofi tersebut dengan mengumpulkan 753 poin sementara Ronaldo berada di posisi kedua dengan 4676 poin.

Striker Atletico Madrid dan pemenang Piala Dunia Antoine Griezmann mendapat 414 poin sedangakan striker Paris St-Germain Mbappe di posisi keempat dengan 347 poin. Messi mendapat 280 dan berada di posisi kelima. Trofi Ballon d’Or diberikan oleh France Football dan dipilih oleh 180 wartawan.

Messi mencetak 34 gol untuk Barcelona musim lalu saat mereka memenangkan La Liga dan Copa del Rey. Dia juga memenangkan rekor Sepatu Emas kelima sebagai pencetak gol terbanyak di Eropa. Namun dia tidak mampu membawa Argentina melampaui babak 16 besar di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Sementara itu Luka Modric menjadi pemain Kroasia pertama yang memenangkan Ballon d’Or dan mengakhiri tahun yang luar biasa untuk negara dan klubnya. Gelandang Real Madrid ini memenangkan Liga Champions bersama klubnya sekaligus membawa negaranya ke putaran final Piala Dunia.

Modric sudah memenangkan banyak penghargaan individu selama tahun ini, termasuk Golden Ball di Piala Dunia 2018 dan penghargaan Pemain Terbaik FIFA.