ligaidn

TOTTENHAM MIMPI APA SAMPAI KETEMU MANCHESTER CITY DI LIGA CHAMPIONS

Tottenham Hotpur dan Manchester City akan saling bantai untuk memperebutkan satu jatah tempat di semi final usai hasil drawing Liga Champions di Nyon, Swiss, pada Jumat (15/3).

Skuad asuhan Mauricio Pochettino akan bertindak sebagai tuan rumah sebelum tandang ke Etihad untuk menghadapi Manchester City. Jika biasanya laga-laga kompetisi Eropa menggunakan pesawat untuk bepergian, kali ini mereka mungkin pakai bus saja, atau maksimal naik kereta.

Raksasa London ini tampil mengejutkan dengan menaklukkan pemimpin Bundesliga, Borussia Dortmund, di babak 16 besar dengan skor 3-0 dan 1-0. Padahal mereka hanya menduduki posisi ke-18 di daftar klub terbaik UEFA. Musim ini di kompetisi Eropa performa mereka tidak terlalu meyakinkan. Meski menang empat kali, dua kali draw dan dua kali kalah, tapi gol memasukkan hanya 13, sementara kebobolan 10 kali.

Tapi harus diingat bahwa The Lilywhites sudah dua jendela transfer tidak membeli pemain dan skuad mereka sempat dilanda daftar cedera panjang. Jadi jika akhirnya Tottenham lolos ke perempat final dengan semua hambatan itu, plus menjadi satu pesaing gelar Liga Inggris hampir sepanjang musim, itu masih merupakan sebuah prestasi yang membanggakan. Prestasi terbaik Spurs sebelum ini adalah lolos ke semi final pada tahun 1962. Top skor mereka adalah Harry Kane dengan jumlah gol lima sejauh ini.

Sementara itu Sang juara bertahan Liga Inggris, Manchester City, menduduki ranking No 6 pada daftar klub terbaik UEFA. Mereka menang enam kali, draw sekali dan kalah sekali sejauh musim ini, memasukkan 26 gol dan kemasukan delapan. Pada babak penyisihan grup mereka kalah satu kali di tangan Olympique Lyon, menang empat kali dengan skor terbesarnya adalah 6-0 saat menghempaskan Shakhtar Donetsk.

 

Skuad di bawah asuhan Pep Guardiola ini kemudian memperlihatkan nafsu membunuh mereka pada babak 16 besar, menang 7-0 dan 3-2 atas Schalke 04. The Sky Blues memegang rekor tim dengan kemenangan agregat terbesar 10-2 pada babak 16 besar kemarin.

Top skor Sergio Aguero memiliki lima gol dari musimnya sejauh ini. Tapi musim lalu situasi tidak terlalu menyenangkan setelah mereka tersingkir di babak perempat final, kalah dari Liverpool dengan agregat 5-1, hasil leg pertama 3-0 dan leg kedua 2-1. Sementara The Reds kemudian melaju sebagai finalis Liga Champions musim lalu, prestasi terbaik Manchester City adalah semifinal tahun 2016, saat masih diasuh oleh Manuel Pellegrini.